Sedikit Tentang Tomat

Standard

Tomat adalah tanaman abadi di daerah tropis, tetapi biasanya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman tomat dapat mencapai hingga 9 meter (2,75 meter). Batang lembut dan berbulu. Daun tomat 4-24 inci (10-30 cm) panjang dan memiliki selebaran-selebaran 5-9. Bunga kuning kecil memiliki lima lobus menunjuk pada mahkotanya.

sisu.typad”]Buah tomat hijau ketika mentah dan kebanyakan menjadi merah tua ketika matang. Ada juga kuning, oranye, hijau, cokelat, dan ungu. Ukuran buah bervariasi dari kecil berukuran anggur atau lebih besar. Bentuk buah pun bervariasi ada yang bulat, pir, anggur atau bentuk yang tak beraturan.

Varietas tomat sangat banyak, tetapi merekadibagi ke dalam tiga jenis utama yaitu:

Determinate tanaman tumbuh tinggi  dan lebar. Setelah tanaman ini mencapai punycak kejayaannya *lebaay*, mereka berhenti, menghasilkan bunga, dan kemudian menghasilkan tomat. Setelah masa panen, produksi berhenti. Banyak jenis “bush” masuk ke kategori ini. Pemangkasan atau prunilng tidak diperlukan.

Indeterminate tanaman menghasilkan selama musim panas, bunga dan buah-buahan akan terus tumbuh, membutuhkan pot yang besar dan kandang atau bisa juga penyangga. Tanaman ini akan tumbuh 9 kaki (2,75 meter). Pemangkasan disarankan setelah batang telah berhenti memproduksi bunga.

Semi-Determinate tanaman berada di tengah-tengah Indeterminate dan determinate varietas. Mereka akan tumbuh lebih lama daripada varietas determinate. Akan menghasilkanbuah yang banyak seperti determinate varietas,  sepanjang sisa musim akan menghasilkan buah yang sedikit/jarang.

Decoding Tomato Disease Resistance

Tomat hibrida sering mengandung kode huruf setelah nama mereka untuk menunjukkan daya tahan penyakit . Berikut ini adalah arti dari huruf:

V = Verticillium wilt
F = Fusarium wilt race 1
FF = Fusarium wilt race 1 & race 2
N = Root Nematodes
A = Alternaria stem canker
T = Tobacco Mosaic Virus
St = Stemphylium (grey leaf spot)
TSWV = Tomato Spotted Wilt Virus
Ingat: ketahanan terhadap penyakit tidak berarti bahwa tanaman sepenuhnya kebal terhadap virus.

Contoh nama pada tomat:

Super sweet 100 VF Hybrid ~> Berarti tomat ini tahan akan penyakit karat/verticillium dan Fusarium yang menyebabkan layu pada tomat.

Sweet Million FNT Hybrid ~> Berarti tomat ini tahan akan penyakit Fusarium, Root Nematodes, dan Mosaic Virus hehehe

Jadi dah pada ngerti kan ssedikit tentang tomat ^^~ semoga membantu yaaah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s