[Sale] Catnip

Standard

Price : IDR 25k (100++ seeds)

Shipping : PT. Pos Surat Kilat Khusus IDR 5k

Info dan Pemesanan : Langsung hubungi 085743343833 (sms only)

Nepeta Cataria atau biasa disebut dengan catnip adalah tanaman herba yang populer sebagai “attractant” bagi kucing. Catnip sangat populer di kalangan pecinta kucing, karena efek tanaman ini yang membuat kucing menjadi “manja” seperti masa kecilnya dulu. Sepertiga populasi kucing memberikan dampak positif catnip tersebut. ^^


pic dari situs furmagazine

Tanaman ini berasal dari Eropa dan tersebar ke seluruh dunia melalui proses naturalisasi ^^. Efek samping tanaman ini pada kucing dipicu oleh zat kimia yang bernama nepetalactone, yang mekanisme nya terhadap kucing masih membingungkan para ilmuwan sampai saat ini. Namun, efeknya hanya berlaku selama 2 jam saja. Jangan khawatir, tanaman ini hanya berlaku pada kucing saja, tidak pada manusia (klo ini mah, saya juga mau ), bahkan tanaman ini tidak memiliki aroma spesifik bagi manusia.

Pecinta kucing pasti tidak akan melewatkan yang satu ini dalam koleksi tanamannya ^^


pic dari situs traveldoctor

Eit, tunggu dulu..
Bagi yang tidak punya kucing di rumah, tanaman catnip bisa jadi tanaman penghalau nyamuk lho ^^. Racikan nepeta cataria yang segar konon mampu menghalau nyamuk bagi para pekebun yang membawanya di saku baju. Cukup remas daun catnip dan oleskan ke kulit (tes sedikit untuk antisipasi alergi) sebagai anti nyamuk. Bisa pula diblender dengan air, lalu diendapkan, saring nah, larutan catnip tadi bisa dipakai dalam spray, gunakan sebelum ke luar ruangan/kebun ^^


pic dari situs gothamist

Tidak cuma itu saja. Keberadaan Catnip di halaman belakang rumah anda akan membuat tikus enggan berkeliaran di rumah anda. Belum diketahui dengan jelas apakah efek ini berasal dari catnip itu sendiri atau berasal dari kesukaan kucing berada di sekitar tanaman catnip, sehingga tikus mengasosiasikan catnip = sarang kucing .


pic dari situs anekaunggul

Nepeta cataria juga terbukti secara ilmiah mampu menghalau keberadaan lalat di rumah. Sudah umum diketahui bahwa lalat dapat berperan dalam penyebaran penyakit. Nah, biasanya lalat dihajar dengan lem perekat (saya suka nih) dan insektisida. Cara ini kurang efektif, lem hanya bisa berguna jika lalat hinggap di lem, sedangkan insektisida kurang bagus bagi kesehatan. Nah, cara paling baik adalah dengan menggunakan penghalau serangga/lalat.

Klo mau baca artikel ilmiahnya, ada di sini jurnal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s